TOP

Kid, don’t be afraid to be dreamer

Masih inget cita-cita masa kecil? Apakah cita-cita tersebut masih sama dengan cita-cita masa kini ? Well, Apabila cita-cita masa kecil tersebut telah berubah, jangan merasa takut, jangan merasa tidak memiliki prinsip hidup.

Cita-cita memang bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu. Semakin engkau dewasa dan melihat berbagai jenis profesi di dunia ini, maka semakin engkau memiliki banyak kesempatan untuk menjadi “apa” nantinya.

Sebuah saran dan nasehat yang ingin aku sampaikan adalahh “ketika memilih untuk menjadi apa, dengarkanlah kata hatimu, lihatlah kemampuanmu, dan perjuangkanlah cita-citamu, dan berdoalah”.

Dengaranlah kata hatimu. Artiya dalam memilih profesi yang nantinya akan kamu geluti dan dalami adalah merupakan keinginanmu. Bukan keinginan orang lain. Misalnya keinginan orang tuamu.

Lihatlah kemampuanmu. Dimana kita harus tahu kelemahan dan kelemahan diri. Kaau memang itu tidak memungkinkan, maka tinggalkan. Kamu harus menyadari antara angan-angan yang bisa dijadikan kenyataan dan tidak. Misal, kamu hanya memiliki tinggi  150, dan bercita-cita untuk menjadi seorang miss universe. Sudahlah.. wake up… Untuk menjadi berprestasi dan berprofesi dan disorot media tidak harus selalu menjadi miss universe.

Perjuangkan cita-citamu. Jika memang engkau ingin menjadi seorang PNS, sesusah apapu ujiannya laluilah. Jika tahun ini gagal, coba lagi tahun depan. Coba lagi, dan lagi.. dan jangan lupa BELAJAR!!!

Berdoa-lah. Sebesar apapun usaha yang kita lakukan.. semuanya kembalikan kepada yang di ATAS. Beliaulah yang menentukan qodo’ dan qodar.

Ini bukan hanya sebuah cerita. Aku menuliskan ini karena aku sendiri mengalaminya. Dan aku menyaksikan cerita teman-temanku. Dan ini memang nyata. Well.. walopun ada beberapa di antara temaku yang memiliki cerita yang berbeda. Yang lebih mulus.

 

Leave a Reply

Your email is never published nor shared.

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes:<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>